. SiRizki: The Coolest Mama Ever!

Senin, 31 Maret 2014

The Coolest Mama Ever!

Hanya Ilustrasi
1. Mamaku lahir di Jakarta pada tanggal 4 Juni tahun... Maaf aku lupa. Dilahirkan dari pasangan guru, sebut saja kakek dan nenekku. Sayangnya, aku nggak pernah ngeliat kakekku, karena udah meninggal semenjak ia dilahirkan. Sedangkan nenekku, kuceritakan lain waktu saja.

Ia seorang sarjana Hukum yang aku nggak tahu masih inget apa nggak tentang hukum. Kata temen-temen kuliahnya, mamaku termasuk pinter pas kuliah, IPK-nya termasuk yang paling tinggi. Sayangnya mamaku nggak lanjut kerja, dia lebih milih jadi Ibu Rumah Tangga. Mengapa? Lanjut baca ya...


2. Mamaku awalnya itu nggak ngerti sama sekali dengan teknologi, palingan ngertinya cuma gimana ngirim sms dan nelepon, itupun pake Nokia. Tapi semenjak aku dibeliin BlackBerry sama papaku, eh mamaku juga pengen BlackBerry. Walhasil, mamaku punya BlackBerry, tapi tetep aja... Cuma buat smsan dan teleponan doang. Kalo gitu, ngapain beli BlackBerry, Mama?

Ya udah, karena kasian aku kasih tau tuh dengan seksama cara pake fitur-fitur yang ada di BB, pertama aku ajarin cara ngetik cepet pake keypad QWERTY, kira-kira sebulan, mamaku udah mulai lihai menggerakkan jempolnya di keypad. Tapi itupun bisanya cuma,

"Eh, udah pulang sekolah?"

"Mama di parkiran, ya."

"Ciee... Tadi cewek yang disebelah siapaa??"

Ya, ngajarin mamaku cara pake BlackBerry itu ibaratkan kayak pergi dari Jakarta ke Bali, tapi naik kereta gantung. Kan lama.

3. Kemarin mamaku ada mesen KFC Delivery, tapi kok nggak nyampe-nyampe ke rumah. Jadinya ku tanya mamaku, "Ma, udah dipesen belum? Kok belum nyampe?" Eh mamaku malah nyeletuk,

"Nggak tau tuh, udah mama sms tapi nggak dibales-dibales." Lah.

4. Mamaku adalah seorang "sales" yang ulung. Mamaku jago banget nge-prospek orang, alias ngerayu. Ya, aku yang awalnya udah berkeinginan kuat untuk kuliah di ITB, bisa berubah karena mamaku. Dia pengen aku jadi dokter, tapi nyampeinnya secara nggak langsung, sehingga menghasilkan percakapan yang seperti ini,

(Yang bercetak miring adalah perkataan mamaku)

Mamaku mulai bicara, "Keren ya, tamatan ITB itu ya, gajinya besar. Tapi kau tau, ada itu kawan abang kau, dia salah satu tamatan terbaik ITB eh sekarang nganggur. Tau kenapa? Tiba-tiba perusahaannya bangkrut, jadi dia di-PHK."

Aku jawab, "Hah? Masak iya?"

"Lagian ya, walaupun anak ITB, tapi kan tetep aja harus capek-capek ngelamar kerja sana-sini, beda sama abang kau itu, dia udah enak. Tamat kuliah langsung kerja, dokter pulaknya. Jadi nggak perlu capek-capek. Kau liat lah dia, cuma duduk-duduk aja itu."

"Iya juga ya."

"Apalagi kau ngambil spesialis kandungan, mantap itu. Kalo jantung jangan, soalnya kalo jantung kan orang Indonesia udah banyak yang ke Malaysia. Tapi kalo kandungan, kan nggak mungkin ada orang capek-capek lagi ke luar negeri ngurusin itu aja. Itu kayak kawan mama, (Ini merupakan jurus andalan mamaku, padahal entah temennya yang mana) dia spesialis kandungan, kaya dia sekarang, anaknya sukses semua."

"Anaknya sukses semua? Dokter juga pasti, Ma?"

Dengan wajah datar, mamaku nyeletuk, "Nggak, anaknya kuliah di ITB."

"Lah, dia aja yang dokter, anaknya kuliah di ITB."

"Masuk ITB karena gagal masuk kedokteran itu pasti." *okelah, Ma*

"Apalagi kalo kau nanti nyari pacar dan istri yang dokter juga. Gila lah kalo kayak gitu, tapi kau cari yang pinter. Biar bisa sukses berdua. Kan banyak gitu, suami-istri dokter spesialis. Dua-duanya kerja di luar negeri, jadi spesialis. Spesialis ikan hias. Hehe"

Tanpa jawaban, aku ninggalin mamaku sambil mikir, "Bener juga ya, tapi untuk yang permintaan terakhir, MAMA TAU NGGAK PESAWAT MH-370 YANG SEBESAR MONAS ITU, DICARIIN BANYAK NEGARA, TETEP NGGAK DAPET. APALAGI NYARI PACAR, SENDIRIAN LAGI NYARINYA. Tapi aku pasti berusaha, dokter kan, Ma?"


5. Segala kebahagiaan main Facebook-ku dulu sirna semenjak mamaku ikut-ikutan bikin Facebook. Setiap kali aku PDKT-an sama gebetan, misal lagi balas-balasan comment di status doi, eh tiba-tiba mamaku ikutan komentar, "CiE3... Me5r4 b666tttzsss,,.,,...,,,.... :-p"

6. Baru-baru ini aku udah diizinin buat nyetir sendiri kemana-mana, nah sebelum aku pergi, mamaku selalu titip pesan, "Ntar kalo lagi nyetir, jangan angkat telepon ya. Siapapun yang nelepon." Oke aku turutin aja.

Di tengah perjalanan, HP-ku bunyi, pas dibaca rupanya mamaku, aku bingung mau diangkat apa nggak. Yaudah, takut ada yang penting, aku angkat aja.

"Halo, lagi dimana, Nak?"

"Lagi di jalan, Ma."

"Lho? Kan udah mama bilang, kalo lagi di jalan, jangan ngangkat telepon. Bahaya!" *matiin HP*

Besoknya aku pergi lagi, di tengah jalan, mamaku nelepon lagi. Kali ini nggak ku angkat, takut kayak kemarin lagi. Eh pulang-pulang mamaku marah-marah, "Heh! Tadi mama nelepon kok nggak diangkat-angkat, kemana aja? Kalo kau kenapa-kenapa kayak mana?"

Yaudah kan, besoknya lagi, pas di tengah perjalanan juga, mamaku nelepon lagi. Tanpa ku angkat, aku ngomong,

"Ma, ngapain nelepon? Kan anak mama ada di sebelah. Hari ini kan mama yang nyetir mobilnya."

7. Aku merupakan orang yang hemat... Menjurus pelit. Bukan pelit lagi malah, kikir. Nah, oleh karena itu aku selalu berhemat dengan batre. Kalo sampe batre HP abis, aku nggak pake charger, listrik mahal soalnya.

Makanya wajar aja kalo aku selalu bawa dua powerbank kemana-mana dan kedua powerbank tersebut aku namain Powerbank A dan Powerbank B. Kenapa harus dua? Karena kalo Powerbank A abis, aku bakal ngecas Powerbank A pake Powerbank B. Aku emang gitu orangnya, selalu ngambil jalan simple.

Kini kedua powerbank itu telah rusak, aku nggak bisa ngecas dimana-mana lagi. Makanya sekarang aku selalu matiin HP. Dan mamaku jadi sering marah-marah karena tiap kali dia nelepon aku, selalu nggak bisa.

Sekarang kita ngawur ya, kalo ngomong-ngomong nelepon, aku jadi inget kata-kata @pardedereza kalo kalian nelepon orang terus nggak ada jaringan, maka operator bakalan bicara gini,

"Maaf... Nomor yang anda tuju sedang berada di luar jangkauan."

Terus misalkan kalian nelepon orang, tapi di-reject, maka operator bakal bicara,

"Maaf... Nomor yang anda tuju sedang sibuk. Silahkan hubungi beberapa saat lagi."

Dan coba bayangin kalo kalian nelepon orang, tapi nomor tujuan kalian mati, kayak mamaku nelepon aku tadi, mungkin jawaban operator bakalan gini,

"Maaf.......... Kami sudah berusaha semaksimal mungkin. Tapi nomor yang anda tuju sudah tak tertolong lagi,"

8. Dibalik semua itu, mamaku tetaplah mamaku. Tanpa mamaku, bisa aja aku nggak jadi anak manusia, entah mungkin cuma jadi anak ayam, jangkrik, atau cacing kremi. Nggak ada yang tau.

FYI, mamaku memiliki prinsip yang cukup unik, "Antarkanlah anakmu sampai ke negeri Cina." 

Biarpun aku udah SMA gini dan udah bisa bawa mobil sendiri, mamaku masih sering nganterin aku sekolah, les, atau kemana aja.

Mamaku pernah bilang, "Kalau mama bisa nganterin kau, ngapain kau pergi sendiri kan." Kadang kasian juga ngeliat mamaku mau nganterin aku kemana aja.

Selain itu, dari kecil aku udah dibiasakan sama mamaku untuk berusaha dulu sebelum dapetin sesuatu, contoh pas kecil aku pengen dibeliin mainan, mamaku ngasih syarat, harus abisin dulu makanannya atau sholatnya nggak boleh bolong atau apa aja deh. Makanya kebiasaan itu berlanjut sampe sekarang.

Jujur, dari dulu sampe sekarang, ketika ulang tahun aku nggak pernah sekalipun dikasih hadiah sama orang tuaku, karena hadiah ulang tahun itu buat apa? Aku nggak ada usaha apa-apa, tapi dapet hadiah. Enak aja. Sama kayak DPR, kerja nggak tapi dapet duit. Keren ya kata-katanya?

Begitu juga dengan kedua abangku, mereka juga terbiasa akan hal itu. Biasanya, untuk dapetin sesuatu aku selalu ada usaha dulu, paling nggak untuk ngebelinya aku nabung pake uang jajan.

Aku juga males minta segala sesuatu dengan instan, kecuali emang orang tuaku yang ngasih. Pasti ku terima. Prinsipnya, aku aja belum bisa ngasih apa-apa buat orang tuaku, bahkan makan aja masih pake duit papaku, masak udah dibayarin makan, sekolah, tapi masih minta yang lain-lain lagi. Kan aneh kalo gitu?



Bersambung.... Sampe aku lagi mood nulis tentang ini lagi ya..













Baca juga yaa

2 komentar:

  1. Wah, mama juga agak ngebet pengennya aku jadi dokter. Tapi aku nggak mau hehe.
    Anyway, gimana pun orang tua teteplah orang tua yang harus disayang dan dihormati tsah :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk. Yang namanya orang tua pasti selalu pengen yang terbaik buat anaknya.

      Hapus

Mohon memberi komentar dengan sopan dan bijak. Silahkan komentar sepuasnya, selagi gratis!
=)