. SiRizki: Wahai Kurikulum 2013...

Jumat, 07 November 2014

Wahai Kurikulum 2013...

Kepada Bapak Menteri Pendidikan, Pak Anies Baswedan, saya senang bapak bisa menjadi menteri. Kenapa? Karena bapak merupakan salah satu tokoh idola saya, oleh karena itu saya berharap bapak bisa melakukan terobosan baru dalam pendidikan Indonesia. Semoga bapak bisa melakukannya dan semoga bapak bisa membantu saya agar saya tidak lagi sering menyalin PR milik temen. 

Rizki Alfarizi,
-Pelajar
-Blogger
-Anak SMA
-Anggota Geng Motor dari pagi sampai sore, pulang ke rumah pas adzan Maghrib
-Penikmat cacing kremi
-Salah seorang korban Kurikulum 2013 sehingga mengalami disfungsional otak akut




Untuk melanjutkan tradisi ganti menteri, ganti kurikulum, sejak tahun lalu Kementerian Pendidikan Indonesia membuat sebuah kurikulum baru terhadap pendidikan Indonesia, namanya Kurikulum 2013. Nah, kurikulum baru ini menggantikan kurikulum sebelumnya yang bernama kurikulum KTSP. Sehingga, terjadi revolusi besar-besaran terhadap pelajar-pelajar SD sampai SMA.

Katanya, kurikulum 2013 ini lebih menekankan karakter dan akhklak pelajar. Jadi, kurikulum baru ini menuntut siswa untuk lebih aktif di kelas. Secara teori, menyenangkan memang, tapi kalau secara praktiknya. Ah... Sudahlah...

Sebagai salah seorang yang menderita kekurangan asupan kalsium akibat kurikulum baru, aku akan nyeritain apa aja kesulitan yang dialami para siswa di kurikulum 2013 ini, terutama di sekolahku.

Ket: Sumber didapat dari sekolahku sendiri, sekolah temen, sekolah sepupuku, dan supir bajaj bertenaga surya.

1. Banyak PR dan Tugas

Akibat murid dituntut mandiri  dan aktif, maka akan semakin banyak presentasi, semakin banyak presentasi maka semakin banyak tugas, semakin banyak tugas, maka semakin banyak PR, semakin banyak PR , maka semakin banyak yang nyalin PR temen. Selepas itu, yakinlah... Nilai PR kalian bakal sama semua.

True story, terjadi di kelasku, beberapa waktu lalu, guru Matematikaku ngasih PR di hari Sabtu dan dikumpulkan lusa, yakni hari Senin. Dan guess what? Yang terjadi adalah satu kelas nggak ada yang ngerjain PR, kenapa? Karena si A nyangka si B ngerjain PR, lalu si B nyangka si C ngerjain PR, semuanya berpikiran sama, "Kan bisa ngerjain di sekolah.." Tapi sayangnya semua itu hanya fatamorgana, karena saling berperasangka, eh jadinya nggak ada yang ngerjain deh.

Sejak kurikulum baru, aku jadi sering ngerjain PR di sekolah karena aku merupakan orang yang suka menunda-nunda kalo ngerjain PR. Terutama kalo PR yang bukan IPA, kemungkinan besar aku nggak ngerjain. Akibatnya, PR jadi numpuk kek upil yang lama nggak dikorek. 

Kira-kira begini sistematikanya,

Senin : PR A (Dikumpul Rabu), Tugas Presentasi Pelajaran D (Dikumpul Rabu)
Selasa : PR B (Dikumpul Kamis)
Rabu : PR C (Dikumpul Jum'at)

Begitulah seterusnya.

2. Murid Diminta Mandiri

Salah seorang guruku pernah memberi tahu tentang kurikulum 2013, "Pokoknya, sekarang ini kalian sendiri yang buat pertanyaan, dan kalian juga yang nyari jawaban. Bisa dari internet, buku, dan sebagainya. Gadgetnya yang canggih-canggih itu dimanfaatkan. Ibu cuma membantu dan mengawasi aja."

Lah, kalo gitu ngapain ada guru? Kalo begini, lama-lama cara kerja profesi guru sama aja kayak tukang parkir. Kan kalo tukang parkir begini, dia tidak ada pas kita datang, tapi dia ada pas kita pulang. Yang berarti, pas mau parkir, kita berusaha sendiri, pas kendaraan ditinggal, nggak ada yang jaga, pas keluar kita juga keluar sendiri. Eh, pas mau pergi, tukang parkirnya datang, minta duit.

Suatu saat nanti, guru juga bisa kek gitu, saat ada soal yang sulit, kita nyari sendiri jawabannya, pas udah ketemu, kita juga nulis sendiri jawabannya, eh pas akhir bulan, gurunya tinggal ngomong, "Nak, besok kita ujian ya, pelajari dari yang kamu pelajari. Jangan sampe remedial!" *nyonyot kaset DVD bajakan*

3. Banyaknya Mata Pelajaran

Ku kasih tau, anak SMA sekarang yang jurusan IPA juga belajar IPS loh. Aku nggak tahu kalo yang IPS belajar IPA juga atau nggak, tapi yang pasti anak IPA juga belajar IPS. Keren, ya? 

Kalo gitu ngapain ada penjurusan, Jempooll??!!!??!!

Aku yakin si pembuat kebijakan adalah cewek ABG cabe-cabean yang tiap sore kerjanya boncengan bertiga, naik motor, pake hotpants, dan pahanya ada bekas knalpot. 

Kenapa? Karena saat penjurusan, kita disuruh pilih salah satu, tapi kita malah dapet dua-duanya yang hasilnya kita bisa nggak dapet dua-duanya karena konsentrasi terpecah-pecah.

A: Si Cewek
B: Si Cowok

A: Kamu pilih dia atau aku?
B: Hmm...

A: Kamu harus pilih salah satu!
B: Ya, udah deh, aku pilih dia.

A: Jadi kamu tega ninggalin aku demi dia? Setelah semua yang telah kita lewati? Gitu? 
B: Eehh... Maksudnya aku milih kamu...

A: Loh, jadi kalo kamu milih aku, kamu ninggalin dia, dong! Sama aja kamu nyakitin perasaan dia! Kamu nggak bisa gitu, dong! Dasar cowok, emang nggak ada perasaan!!!
B: .......

Bandingkan kejadian di atas dengan apa yang terjadi pada pendidikan kita. 

Padahal hidup hampir selalu tentang pilihan. Dengan begitu, secara tidak langsung sistem ini justru mengajarkan siswa untuk tidak tetap pendirian terhadap pilihan, mengajarkan ketidaktegasan terhadap keputusan serta memupuk ketidakberanian terhadap resiko.

Padahal tetap pendirian, tegas, dan berani itu kan penting, terutama tegas kepada perasaan sendiri. Kalo cinta sama seseorang, aku bakal ngejar dia sampe dapet.. Meskipun rata-rata cewek yang aku kejar selalu nolak aku sebelum ku tembak, atau bahkan sebelum ku ajak kenalan. Gapapa.. yang penting aku juga dapet ketegasan.. Tegas ditolaknya.. Mending tegas ditolak di depan, daripada cuma dikasih harapan, lalu diajak jadian cuma karena kasian.

Sedangkan berani adalah sifat utama yang kudu dimiliki cowok. Apalah artinya jadi cowok kalo nggak berani nentuin sikap? Apalah artinya jadi cowok kalo nggak berani menunjukkan cintanya kepada seseorang yang dia kagumi? ~ Alitt Susanto, jomblo tak bertuan.


4. Kerja Kelompok Mulu

Sekarang hampir tiap minggu selalu ada kerja kelompok, entah yang ini-lah, yang itu-lah. Sebenarnya nggak masalah karena bisa dikerjakan ketika waktu luang, cuma dalam suatu kelompok pasti tiap orang punya waktu luang yang berbeda-beda. Dan pemersatunya adalah, hari Minggu. Cuma, kalo hari Minggu udah dipake buat kerja kelompok, ngumpul sama keluarga kapan? Sedangkan hari Senin sampe Sabtu full sekolah, tugas, dan PR.

Itulah beberapa hasil dari observasiku. Sekian.

..........

Pesanku, kalo emang mau membentuk karakter, kita nggak perlu menambah sekian banyak pelajaran seperti penambahan jam pelajaran PPKN, menambahkan pelajaran Sejarah ke jurusan IPA, mengurangi jam pelajaran bahasa Inggris karena takut menghapus rasa nasionalisme, dsb. Kita hanya perlu menambah sebuah pelajaran. Uniknya, pelajaran ini tidak akan mengganggu mata pelajaran lain, dan pasti tidak akan merepotkan siswa. Nama pejaran itu adalah Pelajaran Kesabaran. Ya, pelajaran yang dapat menanamkan rasa sabar kepada siswa. 

Apakah kesabaran itu penting? Mengapa? Tentu saja, karena dengan rasa sabar kita akan bisa mengantri, sudah jelas hal tersebut adalah sesuatu hal yang sangat diperluka masyarakat Indonesia yang selalu sulit untuk mengantri.

Lalu, dengan rasa sabar, kita bisa berlalu lintas dengan baik. Dengan rasa sabar juga tak perlu beradu jotos untuk menyelesaikan masalah. Pokoknya, sabar adalah kunci agar kehidupan individu dan masyarakat bisa berjalan baik. 

Bagaimana memasukkannya ke dalam sekolah? Simpel saja, misalkan.. Dengan guru meminta siswa untuk mengantri ketika mengumpulkan tugas, merupakan salah satu caranya. Kemudian, mengajarkan dan mewajibkan siswa untuk mengantri ketika di kantin, toilet, dsb. Intinya, pelajaran ini bisa diajarkan kapan saja dan dimana saja.

Ya, aku harap menteri yang baru bisa mendengar saranku, walaupun siapalah aku di negara ini, aku bukan siapa-siapa. Tapi, aku harap pesanku bisa sampai hingga ke Pak Anies. #Ngarep













Baca juga yaa

4 komentar:

  1. Satu lagi, pulangnya juga lama... Hftt

    BalasHapus
  2. Angkatan terakhir yang pake KTSP~~ *nari hula hula*

    BalasHapus
  3. Good Analogy! Aku yang pendidik juga ga begitu suka sama K13. Ribet ngisi rapotnya -_-

    BalasHapus
  4. Sadiiis. Baru pertama kali main kesini (Entah kekhilafan apa yang membawa gue kesini), eh udah ketawa-ketawa sendiri. Suka nih sama postingannya. Salam kenal juga ya. :D

    BalasHapus

Mohon memberi komentar dengan sopan dan bijak. Silahkan komentar sepuasnya, selagi gratis!
=)