. SiRizki: Curhat Edition: Tipe-Tipe Orang Yang Nggak Cocok Dicurhatin

Selasa, 31 Maret 2015

Curhat Edition: Tipe-Tipe Orang Yang Nggak Cocok Dicurhatin


Kenapa aku bilang postingan kali ini sebagai "Curhat Edition?" Ya, karena aku udah beberapa kali nulis segala sesuatu tentang curhat yang bisa kalian baca di sini dan satunya lagi di sini. Jadi, aku menganggap segala bentuk postinganku yang menyangkut tentang curhat, adalah sesuatu yang spesial. Karena ada kejujuran dalam menulis di sini. Hahahah.

Kalo sebelumnya aku pernah ngebahas tentang tipe-tipe orang yang cocok dicurhatin, kali ini aku bakal ngebahas kebalikannya. Yap, tipe-tipe orang yang nggak cocok dicurhatin. Seperti yang kita ketahui, sifat-sifat manusia di dunia ini pasti beda-beda. Ada yang begini, ada yang begitu, dan ada yang “Begini saja sudah kau sakiti hatiku”. Eaak.

Beberapa dari kita tentu menyukai sesuatu yang namanya curhat, bisa jadi sama keluarga, temen, peliharaan, atau sama benda mati kek aku. #ForeverAlone

Karena menurut beberapa dari kita, menganggap curhat adalah kegiatan yang dapat mem-plong-kan perasaan yang ketahan. Dengan curhat, kita ngga bakal menahan-nahan semua yang ingin kita curahkan. Kata mereka gitu, kata aku juga gitu.


Nah, dengan begitu, apakah semua orang cocok untuk kita jadiin temen curhat? Jawabannya TIDAK, meskipun dia itu ada kerabat deket kita sendiri. Belum tentu dia cocok, karena kita nggak pernah tahu apa yang bakal dia lakuin kalo misal kita curhat sama dia. Bisa jadi disebar, atau gimana. Ya banyaklah pokoknya.

Beberapa poin di sini aku dapetin dari tiga orang temenku, yaitu Anggi, Arie, dan Tanor. Mereka turut menyumbangkan sedikit ide mereka di postingan kali ini. Makasih ya. 

Well, langsung aja ke pokok permasalah, tipe-tipe orang yang nggak cocok dicurhatin.
       
       1.      Nggak Bisa Jaga Rahasia

Tipe semacam ini sangat bahaya untuk dicurhatin, karena dia nggak bakal pernah bisa nahan atau nyimpen-nyimpen rahasia kita. Biasanya kasusnya begini,

A: “Gue ada rahasia, loh. Gini… Tapi jangan disebar ya…
B: “Oke, gimana?”
A: “Jadi gini….. Gue kalo cebok pake kaki. Dua kaki, lagi! Double pedal gitu ceritanya. Hehe. Begitu. Jangan disebar,ya.”
B: “Oke…”
…..
B: “Eh, si A ada rahasia, loh… Tapi jangan disebar ya? Janji, kan?”
C: “Oke… Gimana tuh?”
B: “Jadi gini…………… qwfdweugouewfhcdoublepedalkseihioehnkseohi… Jangan disebar, ya..”

Bakal gitu terus sampe Hitler jadi PNS.
       
       2.      Suka Motong Pembicaraan

Seperti yang pernah kubahas sebelumnya, kalo ada orang curhat, jangan pernah ditimpalin. Dengerin aja dulu curhatannya sampe  dia ngebuka sesi tanya jawab. Kenapa? Karena orang yang lagi curhat itu sebenarnya cuma pengen menceritakan isi hati aja, nggak ada yang lain. Paling cuma minta saran doang, itupun kita ngasihnya belakangan aja.

Kalo pun mau ngasih saran, sebaiknya kita nanya terlebih dulu sama dia, “Jadi kau mau-nya gimana?” 
Nah, setelah kita narik kesimpulan, baru deh ngasih saran yang sesuai. Sebisa mungkin untuk tidak menggunakan kalimat negatif atau larangan seperti, “Jangan… ecbubeui..” Karena biasanya dia bakalan ngelakuin sebaliknya. Ya, itu memang.

       3.      Orang Yang Suka Bercanda

Poin ketiga ini disumbangkan oleh temenku, Tanor. Katanya sih ini pengalaman pribadinya sendiri. 

Tipe seperti ini hanya membuat curhatan kita sia-sia. Bukannya apa-apa, karena pas kita udah capek-capek cerita, eh ujung-ujungnya dia malah bercanda. Kan bikin emosi. Kasusnya seperti ini,

A: “Aku mau curhat nih.”
B: “Gimana tuh?”
A: “Jadi, gini aku lagi….. idsgguiwegwuiewgbweuf.”
B: “Terus?”
A: “Aku benci banget jadinya sama dia.”
B: “Siapa?”
A: “Si C.”
B: “Yang nanya! Hahahhahahahahahh….”
A: *ngunyah lampu*

       4.      Orang Yang Cuma Kepo

Kata temenku, si Anggi, orang yang begini tuh nggak bakal membantu permasalahan yang ingin kita ceritakan. Dia nggak akan memberikan konstribusi apa-apa. Karena dia cuma mau tahu bagian penting dari curhat kita doang. Yang ada malah memberatkan, karena ujung-ujungnya dia cuma mengatakan sebuah kalimat formalitas, “Ohh… Yang sabar-sabar aja yaa..” Tai.

       5.      Orang Yang Suka Curhat

Kenapa? Karena biasanya, di tengah-tengah pembicaraan, orang-orang semacam ini justru malah curhat balik. Iya, padahal kita yang mau curhat, dia yang dengerin, eh pas di tengah jalan malah tukeran. DIa yang curhat, dia yang nangis, kita yang meninggal.

A: “Gue pengen curhat. Lo mau dengerin nggak?”
B: “Yaudah curhat aja, bakal gue dengerin kok sampe abis.”
A: “Oke, jadi gini…. Iuweubcwdsucewuirilhrvujecq…”
B: “Iya, gue juga pernah kek gitu… Dulu gue… uewqcvuycbk. Gue sedih banget.” *mulai nangis*
A: “??!!!”

Inilah ciri-ciri orang penyembah tebu. -__-

        6.      Orang Yang Suka Sama Kita

Di poin ini, aku sangat berterima kasih sama Arie, dia memberikan sumbangsih yang sangat penting di sini. Poinnya bener-bener keren. Aku curiga kayaknya dia lagi curhat terselubung. Kita senasib kok, Sobat!

Tipe orang ini jauh lebih bahaya dari yang di atas. Namun, si pencurhat biasanya nggak tau kalo orang yang dicurhatinnya ini suka sama dia.

Coba aja bayangin, misal kalian baru putus. Terus curhat sama orang bertipe ini. Lalu dia udah sabar, ikhlas, dan setia dengerin kamu, ngasih advice dan sebagainya, kamu nyaman sama dia, begitu juga sebaliknya, eh taunya pas luka kamu sama si mantan udah ilang, kamu pengen balikan lagi sama mantan kamu itu. Bayangin perasaan orang(poin ke-6) ini gimana? Dia manusia, bukan betadine yang cuma dipake buat ngilangin luka doang.

Biasanya orang yang baik seperti ini kalo udah sakit hati bakalan susah ngebalikin dia kek sebelumnya. Yap, hati-hati dengan orang bertipe ini, jangan pernah menyia-nyiakan doi.

....

Ini adalah foto norak yang ditunjukkin salah satu temenku, Arie. Sebenarnya aku udah pernah ngeliat foto ini, barusan, tadi siang. Sebelum dia nunjukin. Cuma bedanya aku dapet dari Instagram, kalo dia keknya dapet dari Facebook.

Norak memang, tapi boleh juga kalimatnya. Fix! Arie lagi curhat.
Tapi sumpah aku keikut galau.


Ujung-ujungnya, pas kamu udah balikan, terus dia(Orang tipe keenam ini) udah ngejauhin kamu, eh kamu malah kangen sama dia. Kangen sama dia yang tiap hari dengerin curhat kamu, dengerin semua cerita, ngasih advice, dan semacamnya. Kamu pasti ngebandingin dia dengan pacarmu sekarang. Terakhir, yang tertinggal apa? Yang tertinggal hanyalah penyesalan...

Aku paling seneng ngedengerin orang yang curhat tentang ini sama aku, karena aku bakal dengan senang hati berkata, “Mampuuss!” Orang jenis ini- lah yang membuat kita marahin nggak bisa, tapi mukul dia bisa,

“Loh, kok kau pukul aku?”
“Suka hati aku lah.”

“Kok suka-suka kau pulak?”
“Itu hati, Lae. Bukan mainan.”

"Ya, udah. Pukul aja lah aku sampe aku sakit!"
"Nggak, ah! Nggak mau!"

"Loh kok nggak mau?"
"Karena kalo kau sakit. Terus yang nyakitin aku siapa???"

Huek. *Berantem, yok!"

.....

Oke, segini aja ya, ntar sambungannya ku sambung di lain waktu. Biar keliatan sering update aja. Hahaha.

Pesannya, kalo mau curhat, curhatlah seperlunya aja, terus kita juga harus melihat dulu siapa yang menjadi lawan bicara kita pas curhat. Carilah orang yang bener-bener bisa kamu percaya dan dia juga percaya sama kamu. Tapi, jangan sampe kalo dia percaya sama kamu, terus kamu hancurin kepercayaan dia sama kamu. Ntar jatuh-jatuhnya berantem, akhirnya curhatan kamu kesebar. Hati-hati lah ya.

Keren ya, selama tiga hari ini aku ngepost tiga kali berturut-turut. Berarti tiap hari selalu nge-post. Oleh karena itu, aku merasa kalo aku udah dicocok dianggap sebagai pengangguran. Ya, keliatan banget nganggurnya.

Thanks. Salam. Jangan lupa ngerjain PR.




Baca juga yaa

1 komentar:

  1. Hahahaha bener banget. Gue paling kesel sama yang suka bercanda. Senior gue banyak tuh. Pas gue cerita terus mereka bilang "Masa?", pas gue jawab eh dijawab balik "Bodooo". Anjay. :((

    BalasHapus

Mohon memberi komentar dengan sopan dan bijak. Silahkan komentar sepuasnya, selagi gratis!
=)