. SiRizki: Jenis-Jenis Orang yang Nyusahin kalo Kita Sholat di Sebelahnya

Senin, 06 April 2015

Jenis-Jenis Orang yang Nyusahin kalo Kita Sholat di Sebelahnya


Udah tiga hari ini, aku selalu kelupaan buat ngapdet blog. Jangan salahin aku ya, salahin mamaku aja, soalnya dia yang selalu ngajakin aku jalan-jalan sampe malam, pulang-pulang ya tinggal tidur. Makanya nggak pernah sempet ngapdet. Maaf ya, Blog! Aku udah ninggalin kamu, anggurin kamu, jerukin kamu, apelin kamu.

....

Jum’at kemarin, aku sholat Jum’at di deket rumahku. Sialnya, kali itu  aku berada di shaf(barisan) belakang, seperti kita ketahui bersama, barisan itu adalah barisan yang penuh dosa dan godaan karena deket anak-anak.
Begini ilustrasinya


FYI, biasanya kalo sholat berjamaah di masjid, maka ada aturan bahwa anak-anak di bawah umur harus berada di shaf paling belakang supaya nggak gangguin orang dewasa yang berada di shaf depan soalnya pada umumnya anak-anak ini masih “ogah-ogahan” untuk sholat. Jadinya, yaa… Cuma ribut, main-main, ketawa-ketawa, dan sodok-sodokan pantat pas sujud. 

Permainan yang terakhir ku sebut barusan adalah permainan paling beresiko, untung-untung kalo yang disodok temennya juga, kalo dia salah orang? Pas diliat yang disodok ternyata Imamnya. -___-

Di dalam Islam, sholat berjama’ah atau sholat rame-rame yang dipimpin oleh seorang Imam itu pahalanya 27 kali lebih besar dari sholat sendirian. Makanya, aku lebih suka sholat berjamaah dibanding sendiri-sendiri (baca: Kalo lagi rajin).

Hanya saja, sholat berjama’ah itu biasanya lebih lama karena kita harus ngikutin imam dari takbir sampe salam atau bahasa lainnya dari awal sampe abis. Jadi, kalo bacaan ayat Imamnya panjang, yaa sholatnya lebih lama.

Aku masih inget pas sholat tarawih 3 tahun lalu, saat itu si Imamnya lama banget bacanya. Yaudah, aku pulang aja. Padahal sholatnya belum selesai. Hehe.. 

Tapi aku udah insyaf kok sekarang.

…..

Oleh karena itu, aku terinspirasi untuk menuliskan tentang hal tersebut. “Jenis-Jenis Orang Yang Nyusahin kalo kita Sholat di Sebelahnya.” Panjang beud judulnya, hahaha.

      1. Anak-Anak

 
Anak-Anak Kalo Sholat.
(Salam: Bagian Terakhir dari Sholat)
Yeah, you’re the real MVP! Mereka ini adalah makhluk paling mengganggu ke-khusyuk-an dan ke-khidmat-an kita dalam menjalankan ibadah wajib yang satu ini, sholat. Kalo ada peringkatnya, maka mereka berada di peringkat dua untuk mendapatkan predikat ngegangguin orang sholat. Kenapa nomor dua? Karena nomor satunya, kamu. Ya, kamu yang selalu terngiang-ngiang di pikiranku sehingga aku terganggu. #Asik

Seperti yang ku sebutkan di salah satu paragraf awal, mereka suka bercandaan dan nyodok-nyodok pantat. Ya.. Itu.

Kemarin, ada anak-anak yang iseng pas sholat, jadi pas Imam-nya bilang, “Allahu Akbar” sebelum sujud, eh dia sujud duluan, padahal imamnya belum. Yang parahnya, dia sujudnya miring. Jadinya efek domino, satu miring, semuaaanyaa miring. -___-

Mereka juga suka ngejailin orang yang celana dalamnya keliatan pas sujud. Itu ganggu banget. Makanya aku selalu ngecek kondisi celana pas sujud.

Begini
Selain itu, biasanya mereka adalah kumpulan orang yang paling keras meneriakkan, “Aaaaaamiiiinnnn…” Setelah itu muncul backing vocalnya lagi, “Amiiinn… Aminnn… Amiinnn…”

2. Orang Yang Bau Badan

Nah, ini dia. Dia nggak ngeganggu secara fisik, tapi mengganggu secara psikis. Pokoknya kena jackpot kalo sebelahan sama orang tipikal ini. Karena dianya nggak kecium, tapi kitanya yang kecium. Mungkin orang ini kalo wudhu nggak pake air, tapi pake lumpur lapindo. Aku biasa menyebutnya dengan semerbak aroma terapi atau wangi surga. 

Ya, karena kalo kita bisa tetep khusyuk sholatnya walaupun ada semerbak tersebut, aku berkeyakinan pahalanya bakal tambah banyak. Aku curiga orang kek gini emang dikirim sama Tuhan untuk menguji seberapa kuat iman kita. Jadi, kalo ada orang begini, sebisa mungkin tetep khusyuk, ya! Ganbatte!

     3. Orang Yang Usil



Untuk menjadi usil, kita nggak perlu jadi anak-anak dulu. Yap, orang tua juga banyak yang usil. Contohnya temenku, pas dia lagi rukuk, harusnya kan tangannya itu megang lututnya sendiri, eh dianya malah nyilang. Tangan kanan dia yang ke lututku. Ya... Dengan sangat terpaksa tangan kiriku yang megang lutut kanannya. Jadi, absurd.

Buat yang Nggak Tahu, Rukuk itu Begini


     4. Orang Yang Galau

Orang semacam ini nggak bakalan konsentrasi sewaktu sholat, dia bakalan sedih dan nangis tersedu-sedu. Bukan nangis karena terharu, tapi ya karena masalahnya. Harusnya sholat itu mikirin Allah eh dia malah mikirin masalahnya sendiri.

Terus biasanya orang kek gini bakalan lama banget sholatnya, karena abis sholat dia bakal berdoa lagi. Nah, di bagian berdoa ini lah dia bakalan mencurahkan seluruh isi hatinya.

Kalau orang lain, sholatnya itu natap ke sajadah, kalo dia yang ditatapnya hanya masa lalu. Maka dari itu, aku suka nanyain orang yang sedang galau seperti ini,

“Mas, kalo nggak bisa konsen, ntar aja sholatnya. Tunggu fokus dulu. Kalo gini, buat apa?”

“Buat apa? Mas nanyain ke saya, buat apa?”

“Iya, emang kenapa, Mas? Kan bener…”

“Seharusnya Mas nanya buat apa itu ke dia?”

“Maksudnya?”

“Iya, Mas. Buat apa ngasih kenyamanan kalo ujung-ujung engkau pergi bersamanya?”

“iebwcuihuwhuwhwuq”

*Kemudian Hening*

“Emang ada apa Mas, kalo saya boleh tau?”

“Gini, Mas. Pacar saya kemarin pergi, jalan-jalan, bercandaan sama cowok lain.”

“Emang kenapa, Mas? Ya, kan nggak masalah kalo hatinya tetep untuk si Mas. Ya, kan nggak masalah, dia kan cuma seneng-seneng doang. Kan cuma bercandaan dan seneng-seneng biasa.”

“Iya, Mas. Saya tahu betul akan hal itu. Tapi saya khawatir karena, saya sama dia dulu juga berawal dari bercanda.”

*plak*



      5. Orang Yang Ngantuk

Aku juga cukup sering sholat di sebelah orang tipikal ini. Sebenarnya kondisi dia itu nggak tidur, tapi juga nggak bangun. Setengah tidur, setengah nggak, tidurnya kaget-kaget gitu. Tapi kalo udah nggak tertahan lagi, biasanya dia bakal tidur di pundak orang sebelahnya. Ha, ini alasan kenapa ku bilang nyusahin. Dibangunin nggak mungkin, sholat bisa batal soalnya. Ya, cuma dihembus-hembus aja lah.

6. Orang Yang Lupa Matiin HP


Di saat kita lagi khusyuk-khusyuknya sholat, menyesalkan segala dosa, tiba-tiba....

"Kau bidadari... Jatuh dari surga.... Di hadapankuu.... Eaaaa...."

Meh, orang yang sebelah HP-nya bunyi. Shit! Selain ganggu, suara HP mereka juga ngagetin, pokoknya mereka langsung ngancurin mood sholat kita deh. Bahaya!

7. Maling Sendal



Mungkin hampir semua dari kita tahu kalo ke mesjid itu harus ngelepas alas kaki seperti sendal, sepatu, dsb. Naasnya, ada sebagian orang yang memanfaatkan momen ini untuk menafkahi keluarga mereka dengan mencuri sendal orang lain. Kenapa ngeganggu? Karena orang seperti ini biasanya sholatnya nggak tenang, suka heboh-heboh sendiri dan selalu terburu-buru. 

Abis sholat, bukannya doa dulu, dia malah langsung, "Misi, Mas.. Misi, Mas..." 

Kebiasaan orang kayak gini adalah selalu berada di shaf atau barisan belakang. Supaya gampang keluar.

.....

Thats all... Aku harap kalian suka, haha. 

Dan aku pengen nyampein bahwa kita harus tetep rajin beribadah terhadap Tuhan YME apapun agama dan kepercayaan kita. Sebagai manusia, kita harus selalu bersyukur akan semua nikmat Tuhan. Separah apapun kondisi kita, semiris apapun hidup kita, kita harus selalu berterima kasih kepada Tuhan karena telah memberikan kita kesempatan untuk hidup. Terutama hidup secara normal.

Banyak di luar sana bayi yang baru lahir, langsung meninggal. Artinya apa? Yap, Tuhan tidak memberinya kesempatan untuk memperoleh kehidupan selayaknya kita.

Lalu..... Kalo orang lain sembahyang, jangan iseng!

Ciao!


Alkisah ada seseorang, dia sangat jarang pergi shalat ke mesjid. Suatu hari dia ke mesjid, shaf-nya paling depan, bahkan lebih depan daripada imam, karena dia ke mesjid bukan untuk shalat, tetapi sebagai jenazah yang dishalatkan...

Baca juga yaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon memberi komentar dengan sopan dan bijak. Silahkan komentar sepuasnya, selagi gratis!
=)