. SiRizki: Alasan Kenapa Putus Karena UN itu Nggak Logis

Rabu, 10 Juni 2015

Alasan Kenapa Putus Karena UN itu Nggak Logis

Yes, akhirnya aku balik lagi kesini setelah sibuk menghadapi ujian semester beberapa waktu lalu, dan guru malah ngasih tugas banyak-banyak untuk mengisi kekosongan nilai yang nggak sempat dikerjain di kelas. Huft. Itu alasan aja sih, sebenarnya karena lagi nggak ada ide aja buat ditulis.


Aku seneng banget bisa mengetik tulisan lagi disini, hingga jemariku dapat lagi bertumbukan dengan tiap abjad di keyboard. Semakin lama, semakin cepat hingga menghasilkan beragam kata yang menuliskan indahnya langit keemasan. Malam yang sangat sulit untuk dijelaskan. Tak terasa di kepalaku terjejali pertanyaan penuh siapa dan kenapa yang ingin kutanyakan padamu. Setelah kau terisak akan satu nama yang menderaimu dalam air mata. Sial, lagi-lagi aku terjebak di ruang nostalgia yang sama. Oke, cukup. Malah curhat.

Nah, karena aku kehabisan ide buat nulis, belakangan ini aku jadi rajin membaca supaya dapet ide dan referensi. Awalnya sih aku mau cerita tentang perjuanganku nabung untuk beli Hanphone Samsung Corby pas SD. Namun kayaknya ceritanya bakal singkat banget, tapi aku ceritain aja yah, lumayan supaya postingannya keliatan panjang. Gimana ceritanya?

Sebelumnya, disini ada yang inget Samsung Corby? Handphone yang sempet nge-tren sekitar 5 tahun lalu, begini bentuknya,

Source: google.com
Sebenarnya ada juga sih yang versi Qwerty nya, cuma silahlan cek di google aja ya kalo pengen tau gimana bentuknya. Karena yang bakal ku ceritain versi yang touchscreen kayak di atas.

Nah, pas SD kelas 6 dulu, aku pengen banget punya HP kayak gitu, biar dibilang gaul. Sayangnya, orang tuaku nggak mau ngasih gitu aja, mereka malah nyuruh aku nabung pake uang jajan kalo mau membawa pulang handphone gaul tersebut karena aku orangnya ceroboh, sering ngilangin barang. Jadi, papa dan mamaku mau ngajarin gimana susahnya ngumpulin uang. Oleh karena itu, aku nabung selama satu semester sampe akhirnya tabunganku cukup untuk membeli handphone yang harganya aku nggak inget lagi berapa itu.

Sesuai dugaan, baru sebulan aku menikmati fungsi dari Samsung Corby, eh handphonenya malah hilang entah kemana. Aku nyesel banget, dan syukurnya orang tua ku juga nggak terlalu marah karena yang penting aku udah belajar susahnya ngumpulin uang. Walaupun orang tua ku nggak terlalu kesel, tapi aku yang kesel nggak karuwan. Pokoknya nyesek banget, karena aku udah berjuang nabung selama enam bulan, eh setelah berhasil handphonenya malah lenyap sebulan kemudian. Rasanya kayak kita udah lama pedekate, tapi akhirnya si gebetan jadian sama orang lain. Udah kita yang berjuang, kita yang baik-baikin, malah orang lain yang dapetin. Huft.

Tapi salah lo juga nggak jagain!

Iya juga sih.

Lalu, aku ngapain? Yap, aku cuma bisa berharap Handphonenya bisa balik lagi, entah gimana caranya. Saat itu aku cuma bisa menunggu. Lama-lama aku jadi bingung antara tetep nunggu atau nabung lagi buat beli handphone yang lain. Stuck. Salah satu hal yang menyebalkan adalah kita nggak tahu harus tetap menunggu atau pergi meninggalkannya. Asik.

Dan dari kejadian tersebut aku jadi belajar supaya aku nggak ceroboh lagi dan lebih menghargai sesuatu yang aku punya agar tetep kujaga. Karena saat kita punya sesuatu, kita harus bersyukur karena masih banyak orang di luar sana yang tidak memiliki apa yang kita miliki. Selain itu, aku juga belajar untuk nggak menyesali hal buruk yang terjadi terhadapku. Emang sih, terkadang sesuatu itu lebih indah saat ia udah nggak kita miliki lagi, tapi apa gunanya kita menyesal dan melihat-lihat ke belakang lagi? Karena masih banyak hal yang pasti lebih baik di masa depan untuk kita lakukan. Keren, ya.

Selesai... Pendek doang sih ceritanya.

....

Actually (Asik bahasanya).... Sesuai judul, tau dong aku mau bahas apa? Yap, aku pengen bahas "Beberapa Alasan Kenapa Putus Karena UN itu Nggak Logis". Aslinya, artikel ini udah pernah ditulis oleh Dara Prayoga beberapa waktu lalu. Aku nggak inget kapan, tapi karena sepertinya postingan doi cocok untuk keadaan sekarang yang lagi heboh-hebohnya UN, SBMPTN, dsb. Jadi, sepertinya postingannya menarik untuk dibahas dan disadur ulang kembali.

....

Tentu kalian pernah denger kan alasan gini,

"Kita udahan dulu aja, ya. Aku mau fokus UN dulu."

Pernah? Pasti! Atau malah kalian yang justru melakukannya? Bisa jadi.

Sebenarnya, kalo kita pikir-pikir lagi, alasan kek gitu membantu nggak sih? Atau malah nyusahin? Kalo menurut aku sih nggak bakal membantu. Kenapa? Nah, berikut aku bahas alasannya..

1. Nggak Ada Hubungannya

Yuk bersama-sama kita selami, mana ada coba hubungan UN sama putus. Dan kalo emang kalian yang diputusin, mungkin karena emang doi-nya udah bosen atau ilfeel aja sama kalian. Bisa jadi kalian malah ngeganggu dia, nggak memberi dia waktu untuk sejenak menyendiri untuk belajar. Ya, kan?

Entar ya, aku belajar dulu. Mau baca buku dulu nih. 
Loh, jadi kamu lebih ngutamain belajar daripada aku? Emang kamu anggep aku apa?

Bentar aja nih, ntar lagi aku mau UN.
Entar lagi aku juga ulang tahun, kamu kok nggak nyiapin surprise buat ku aja?

Ngehe,

Nah, ada yang kek gitu? Kalo kalian begitu ya nggak aneh juga kalo doi malah mutusin kalian, kan? Bisa jadi doi ilfeel karena kalian tiap kondangan selalu bawa rantang buat dibawa pulang makanannya. Gimana nggak ilfeel?

2. Nggak Ada Penyemangat

Beberapa dari kalian mungkin udah pernah ngadepin yang namanya UN, Ujian Semester, SBMPTN, atau semacamnya, kan?

Gue nggak pernah tuh!
Ha? Yang bener?

Iya, gue yang pernah itu EBTANAS.
Hm.

Nah, kalo udah pernah tentu kalian paham sekali bahwa situasi saat UN itu ngebuat kita lemas, letih, capek, dan mudah putus asa. Apalagi kalo pas H+1 aja kalian udah nggak bisa ngejawab soalnya. Nah, kalo udah down gitu, siapa lagi dong yang nyemangatin? Karena terkadang kalian tentu nggak bakal mempan lagi dengan motivasi dari orang tua atau temen. Bener nggak?

Lalu kita juga butuh orang yang bisa diajak belajar barengaan kalo kebetulan pacar kita juga ikut Ujian atau paling nggak ada yang ngingetin kita untuk belajar. Atau yang paling berpengaruh itu ada yang ngingetin buat sholat atau beribadah, karena ibadah juga penting kan? Apalagi kalo ada yang ngingetin kan?

3. Malah Bikin Galau

Nah, yang ini paling bener nih. Gini ya, nih. Coba perhatiin nih, dibayangin dengan fokus. Logikanya aneh banget ini soalnya. Nih ya, banyak pelajar yang berpikiran bahwa dengan mutusin pacarnya, dia bisa fokus belajar. Pikirannya jadi nggak kebagi-bagi. Padahal awalnya sama sekali nggak ada masalah sama pacarnya, fine-fine aja. Lalu, malah diputusin. Dan yang terjadi apa? Ya, kalian justru galau. Apalagi mantan kalian itu udah move on, dapet yang baru. Makin menjadi-jadi deh nyeseknya. Justru nggak konsen belajarnya, kan?

Ataupun kalo mantannya nggak move on? Jadinya,

Yang diputusin galau, yang mutusin juga galau karena ngerasa bersalah.

Kisah nyatanya, kemarin ada tuh temenku, namanya Remote AC. Nah dia tuh, diputusin sama pacarnya, nama pacarnya Dinamo Tamiya. Pas mau UN tuh diputusinnya, eh yang ada dia galau, ujiannya jadinya nggak fokus, dan nilainya juga jadi pas-pas-an.

4. Nyakitin Orang itu Nggak Baik

Alangkah baiknya dalam mempersiapkan ujian itu, kita berperilaku yang baik-baik aja. Baik sama diri sendiri, apalagi orang lain. Kalau kalian mutusin pacar, dengan kata lain kalian juga udah nyakitin perasaan orang lain. Kan bisa aja orang yang kalian putusin itu nggak terima lalu nyumpahin kalian supaya ujiannya nggak lancar. Lalu terkabul, nah loh? Gimana tuh?

...

Yak, sekian postinganku kali ini. Makasih udah nyempetin waktu buat baca. Semoga bisa menginspirasi kalian semua ya. Atau kalian juga punya pengalaman kayak di atas? Sharing bareng, yuk. Makasih ya. Ciao!

Baca juga yaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon memberi komentar dengan sopan dan bijak. Silahkan komentar sepuasnya, selagi gratis!
=)